Jalan-Jalan Ala Kerajaan, Ayo Sewa Mobil Di Cirebon dan Kunjungi 3 Keratonnya!

Libur semester sebentar lagi? Bingung mau liburan kemana? Nikmati suasana kerajaan Cirebon yang masyhur pada zaman 15-16 Masehi yuk! Yups, Cirebon merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang masih memiliki keraton kerajaan lho. Bahkan tak tanggung-tanggung, Cirebon memiliki tiga keraton sekaligus. Ketiga keraton tersebut tidak lain adalah Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan berturut-turut dari Keraton paling tua. Keberadaan ketiga keraton ini dilatar belakangi oleh perpecahan dalam kerajaan di zaman dahulu. Jika penasaran dan ingin mengunjungi langsung keraton diatas, anda bisa berkeliling menggunakan sewa mobil di Cirebon.

Eiits, tidak hanya bangunan keraton yang dapat dinikmati, anda juga bisa bertemu langsung dengan keturunan sultan yang masih tinggal di lingkungan keraton lho. Lalu anda juga bisa ikut bergabung dalam kegiatan adat di tanggal-tanggal penting tertentu. Di dalam keraton sendiri terdapat beberapa peninggalan kerajaan seperti kereta kencana, keris dan alat-alat music tradisional. Sehingga liburanmu tidak akan sia-sia karena bisa berlibur sembari dengan belajar sejarah negara kita Indonesia. Walaupun berlibur di keraton, jangan kira bangunannya tidak Instragramable ya frens. Soalnya tiga keraton di Cirebon ini dijamin super duper keren untuk dipajang di berbagai akun sosialmu.

Keraton yang disarankan untuk anda kunjungi pertama kali yaitu keraton kasepuhan. Selain karena keraton tersebut yang paling lama, dalam belajar sejarah memang baiknya berurut dari waktu dengan alur maju. Sehingga anda tidak pusing dan dapat membedakan kebudayaan yang semakin berkembang pada setiap zamannya. Keraton kasepuhan letaknya tepat dibelakang alun-alun kota Cirebon. Oleh karenanya keraton ini mudah dicapai terlebih jika menggunakan sewa mobil Cirebon. Keraton kasepuhan secara umum dibangun oleh batu bata merah dengan gapura gerbang bertingkat yang mana merupakan gaya dari kerajaan Majapahit, akar mula kerajaan Cirebon. Keraton pertama dan termegah di Cirebon ini dibangun pada tahun 1430 M oleh pangeran Cakrabuana.

Keraton yang bisa anda kunjungi setelah keraton kasepuhan adalah keraton kanoman. Berjarak kurang dari 2 Km dari kasepuhan, keraton kedua ini dibangun pada tahun 1678 M oleh Sultan Anom I. Dekat tapi tak sama, keraton kanoman tidak dibangun dari batu bata merah, melainkan batu bata berlapis putih dengan piring keramik peninggalan tionghoa sebagai penghias. Dengan penampilan yang lebih modern, keraton ini memang eye catching karena umurnya juga lebih muda disbanding keraton kasepuhan sebelumnya. Terakhir, keraton termuda dibangun pada tahun 1800 M diberi nama keraton Kacirebonan. Berjarak 1 Km dari keraton kasepuhan dan 500 M dari keraton kasepuhan, kacirebonan memiliki gaya bangunan semi eropa karena pengaruh penjajahan oleh Belanda. Penasaran? Ayo sewa mobil Cirebon dan jalan-jalan ala kerajaan Cirebon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *