Cara Jitu Menjadi Supplier Kayu di Batam

Menjadi pengusaha yang bergelut dalam bidang manufaktur merupakan impian sebagian orang. Menjadi supplier kayu Batam merupakan usaha jangka panjang yang memiliki peluang besar untuk meraup omset puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya. Bisnis jual beli kayu di Indonesia memang tak habis-habisnya memberikan peluang besar kepada setiap pelaku bisnis.

Melihat tingkat kebutuhan masyarakat Indonesia pada bahan dasar kayu baru bisa terpenuhi sekitar 30% secara nasional. Maka tak heran jika tak sedikit orang yang mencoba untuk menjadi supplier kayu Batam. Namun perlu Anda ketahui, untuk merauh omset yang besar maka diperlukan strategi serta cara yang tepat untuk bersaing dalam bisnis yang satu ini.

Meskipun banyak peluang yang bisa diraih ketika menjadi supplier kayu di Batam, Anda masih harus tetap bekerja keras serta menunjukkan keseriusan untuk menekuni bisnis ini. kayu batam tersebut akan meminimalisasi kerugian serta memperlancar bisnis yang sedang Anda rintis. Tak hanya melihat peluang, terdapat beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk menjadi supplier kayu di Batam, antara lain:

1. Produksi Sendiri
Jika Anda ingin menjadi supplier kayu di Batam, maka Anda tidak akan terlepas dengan stok kayu yang Anda miliki. Usahakan Anda menjadi supplier tangan pertama, kalau bisa Anda turun langsung ke lapangan untuk membeli kayu kepada petani. Cara ini cukup bisa di andalkan, terlebih ketika Anda sedang menekan biaya pengeluaran namun tetap ingin menjalankan bisnis secara berkelanjutan. Cara ini merupakan cara yang direkomendasikan bagi mereka yang bisa membaca peluang dan emmiliki keahliah. Selain itu, jika dilihat dari aspek finansial, cara ini cukup menguntungkan mengingat laba yang didapat juga akan jauh lebih besar dari pada ketika Anda bekerja sama dengan orang lain yang mengharuskan membagi hasil dari penjualan kayu-kayu.

2. Bekerja sama dengan petani atau penebang kayu di lapangan
Apabila Anda memiliki modal yang minim dan sedikit keahlian, maka kerjasama dengan pihak lain juga bisa dijadikan pilihan alternatif untuk menjadi supplier kayu di Batam. Pihak ketiga ini adalah petani yang menebang langsung poho-pohon yang nantinya akan Anda supply ke berbagai pihak dan tempat. Ketimbang bekerja sama dengan supplier lain, lebih baik Anda langsung bekerja sama dengan yang ahli di bidang tebang-menebang.

3. Memperhatikan Transportasi
Transportasi menjadi elemen yang tak kalah penting ketika Anda menjadi supplier kayu Batam. Mengingat biaya transportasi untuk mengangkut kayu-kayu yang akan Anda jual memang relatif mahal. Belum lagi jika ada pungli saat mengangkut kayu-kayu tersebut. Untuk mengakali budget transportasi agar tidak terlalu membengkak, pilihlah target pasar yang lokasinya tidak terlalu jauh. Dengan demikian biaya transportasi akan sedikit berkurang dan harga kayu-kayu yang akan Anda supply juga bisa ditekan menjadi lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *