Belajar Desain Rumah bagi para pemula

Desain merupakan suatu rancangan atau garis besar suatu hal, sebuah gagasan atau sketsa sebelum membuat sesuatu. Seperti halnya membuat gedung, tentunya ada sorang arsitek dengan rancangan awalnya dalam bentuk sketsa. Tentu saja hal tersebut bisa meminimalisir kesalahan pada saat proses pembangunan.

Pada postingan kali ini penulis akan berbagi mengenai cara belajar arsitektur untuk pemula dan dilakukan secara otodidak tanpa harus menempuh pendidkan formal. Semuanya tidak ada yang instan termasuk belajar asritektur. Dibutuhkan niat dan ketekunan karena memang untuk belajar menguasai software desain arsitektur membutuhkan waktu. Melalui artikel ini penulis akan membagi langkah-langkah dasar yang dapat Anda lakukan meskipun Anda tidak memiliki dasar ilmu desain arsitektur.

Langkah awal menjadi arsitektur

1. Mulai dari software yang mudah
Sebagai langkah pertama Belajar arsitektur untuk pemula, mulalah dengan menggunakan software yang tidak terlalu sulit, kali ini penulis menyarankan software dimulai dari Photoshop dan CorelDraw terlebih dulu. Melalui dua software ini Anda yang masih pemula harus bisa mengoperasikannya. Photoshop misalnya, melalui software ini anda bisa memulai dengan mengedit foto. Pelajari navigasi dan fungsinya agar semakin cepat bisa. Kemudian CorelDraw, software ini bisa di gunakan untuk merancang visual dimensi. Contohnya seperti katalog, brosur, poster, pamphlet dan spanduk.
Dibandingkan dengan CorelDraw, photoshop memiliki beberapa kelebihan. Pada photoshop Anda dapat membuat visual 2D (2 dimensi). Memperbaiki warna foto, mengedit foto. Sedangkan CorelDraw tidak dapat melakukan hal seperti itu. Dalam mengerjakan proyeknya desainer atau yang biasa kita sebut arsitek, biasanya menggabungakan 2 software tersebut untuk hasil yang lebih optimal.
Masing-masing software desain memiliki kemampuan yang berbeda-beda, berikut adalah kemampuan dari masing-masing software tersebut untuk menunjang belajar arsitektur untuk pemula:
Adobe Photoshop: Edit foto
Adobe ilustrator: Sama seperti CorelDraw, software ini digunakan untuk membuat gambar-gambar 2 dimensi/ vector
CorelDraw: Membuat gambar-gambar 2 dimensi/ vector
Adobe Premier: Edit video
Anda perlu mempelajari software-software diatas sebagai langkah awal. Setelah dirasa anda memapu mengoperasikan software-software tersebut barulah anda mulai mempelajari software-software lain yang biasa digunakan oleh para arsitek seperti; Archichad, Lumion, Chief Architect, Vektor Work Architecture, 3D Studio Max, Sketch Up, Punch Software, Autocad Architecture, Revit Architecture, Softplan, Microstation, Rhinoceros, Tekla, AsileFX LWCAD, dan Artlantis Studio.
Anda bisa memilih satu dari sekian banyak software yang sudah penulis sebutkan di atas. Pelajari dan dalami untuk menghasilkan sebuah karya. Dan mungkin masih banyak lagi software desain arsitektur yang tidak penulis sebutkan. Setiap software memiliki kemampuan masing-masing. Hasilnya tidak akan mengecewakan Jika kita menggunakan secara maksimal.

2. Cari tutorial dari Youtoube

Saat ini banyak sekali tutorial desain arsitektur yang bisa Anda dapatkan di berbagai Sumber, contohnya seperti Youtube. Tinggal anda memilah video tutorial desain arsitektur mana yang menurut Anda mudah untuk diikuti dan di pelajari.

3. Mulailah dengan membuat obyek yang mudah
Bersamaan dengan mempelajari tutorial dari youtube, cobalah untuk membuat obyek yang mudah lebih dulu. Jangan terlalu dipaksakan membuat susuatu yang dirasa sulit. Cobalah secara bertahap dari dasarnya, karena memang segala sesuatu dasar-dasarnya harus kuat.

4. Bergabunglah dengan komunitas
Tips belajar arsitektur untuk pemula berikutnya adalah dengan bergabung dengan komunitas. Anda bisa belajar dari sesama anggota. Biasanya mereka akan memberikan masukan atau saran yang bermanfaat. rumah minimalis 1 lantai 3 kamar tidur bisa bertanya tentang kendala-kendala dalam membuat desain. Tanyakan apa saja yang ingin Anda ketahui.
Apabila sulit menemukan komunitas seca offline, Anda bisa menemukannya melalui sosial media seperti facebook, twitter, dan sosial media lainnya. Disana anda akan banyak menemukan grup desain arsitektur.

5. Bertanya kepada Ahlinya
Apabila anda memiliki keluarga atau teman yang bergelut di bidang desain arsitektur. Jangan ragu-ragu untuk bertanya. sebab sudah tentu mereka memiliki pengalaman dan ilmu tentang desain arsitektur. Penulis menganggap belajar melalui youtube dengan belajar langsung kepada ahlinya akan sangat berbeda. Dari youtube anda tidak bisa tanya banyak hal. Tanya melalui kolom komentar pun belum tentu ada tanggapan dari yang upload video.

6. Sabar, ulet dan tetap semangat
Memiliki keuletan diiringi dengan kesabaran dan semangat tinggi adalah kunci untuk bisa Belajar arsitektur untuk pemula secara otodidak. Anda perlu membuat target harian. Misalkan saja minggu pertama anda harus bisa membuat A, kemudian minggu kedua bisa membuat B, dan seterusnya. Dengan membuat target maka lambat laun anda akan mulai menguasai dan mahir teknik desain arsitektur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *